FAQ
Jabar Quick Response adalah kanal aduan kemanusiaan bagi masyarakat Jawa Barat. Jabar Quick Response hadir untuk memberikan solusi atau pertolongan pertama bagi permasalahan yang bersifat kemanusiaan dan darurat.
Terdapat 9 Prioritas masalah yang dapat dilayani oleh Jabar Quick Response :
1. Sakit & Darurat Kesehatan.
2. Disabilitas.
3. Putus Akses Pendidikan (SD/SMP/SMA).
4. Rumah Darurat Roboh.
5. Jembatan Darurat.
6. Kebencanaan.
7. Sekolah Darurat Roboh.
8. Rumah Ibadah
9. Anak Yatim
Layanan Jabar Quick Response sudah terintegrasi dengan aplikasi LAPOR milik Kemenpan RB. Aduan diluar masalah kemanusiaan akan kami disposisikan kepada layanan LAPOR untuk nanti diteruskan ke dinas-dinas/pihak terkait.
Jabar Quick Response memiliki website untuk mengelola pengaduan yang masuk dari masyarakat agar mempermudah proses pencatatan dan penindakan. Simak 4 langkah mudah ini untuk melakukan proses pengaduan :
Jabar Quick Response juga memiliki nomor hotline dan akun media sosial untuk berinteraksi dengan warga. Yaitu :
Penindakan aduan disesuaikan berdasar skala prioritas permasalahan dan sifat kedaruratannya.
Jabar Quick Response memiliki nomor hotline dan akun media sosial untuk berinteraksi dengan warga. Yaitu :
Sebagai pengetahuan, kriteria RDR menurut JQR terlampir dalam beberapa indikator yang menjadi point di lapangan, yakni :
- Kerusakan struktur utama bangunan lebih dari 70%.
- Kerusakan bangunan mengancam keselamatan jiwa penghuninya.
- Kondisi Bangunan berpotensi menimbulkan penyakit bagi penghuninya.
- Tidak memiliki fasilitas dasar (contoh; MCK)
- Penghuni masuk kedalam kelompok Rentan;
a. Manula
b. Disabilitas
c. Sakit
d. Yatim piatu
e. Balita
g. Warga miskin.
- Daya support lingkungan terdekat sangat rendah.
- Bukan penerima bantuan Rutilahu dari pemerintah / tidak sedang menerima bantuan dari pihak lain.
- Status tanah milik sendiri, atau Ada keterangan tertulis atas hak tanah.