JQR Bantu Daerah Terisolasi Bencana Banjir dan Longsor di Kab.Bogor

Kab.Bogor - Dengan menggunakan bentangan tali, Tim Jabar Quick Response (JQR) melakukan susur sungai untuk memberikan bantuan kepada korban bencana di kampung yang terisolasi akibat jembatan terputus di Kabupaten Bogor.
 
Luapan Sungai Cisarua yang meluap pada Rabu kemarin juga memutus akses dua desa di dua kecamatan, yakni Pamijahan dan Leuwiliang di Kabupaten Bogor. Jembatan satu-satunya akses terputus diterjang banjir.
 
Koordinator Kebencanaan JQR Syehabudin menuturkan, salah satu lokasi akses warga yang terputus berada di Tanjungsari, Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang.
 
"Di kampung Tanjungsari, sekitar 95 keluarga terisolasi lantaran jembatan terhubung ke Desa Cibunian, Pamijahan terputus," kata Syehabudin, Jumat (24/6/2022) malam.
 
Kata dia, sebagian besar warga Tanjungsari secara ekonomi, pendidikan, dan kesehatan lumpuh total akibat jembatan satu-satunya terakses warga terputus. Ada juga 6 bangunan rumah di RT2/12 rusak berat akibat terkena longsor.
 
"Teman-teman relawan JQR di posko Tanjungsari akan mengusahakan bagaimana caranya bisa mengirimkan logistik dengan menggunakan bentangan tali," kata Syehabudin.
 
Sesuai instruksi Gubernur Ridwan Kamil, kata Syehabudin, JQR yang berjumlah 8 personel akan menetap di lokasi bencana dalam beberapa hari ke depan. Bersama warga sekitar, juga akan mengusahakan membuat jembatan sementara bagi masyarakat Tanjungsari yang terisolasi.
 
"Target secepatnya, sampai bisa memberikan data ke Pak Gubernur supaya bisa secepatnya apa yang bisa dibantu oleh pihak Pemprov," tambahnya.